enterpreneur sejati

Senin, 10 Oktober 2011

semangat wirausaha (enterpreneursip) sedang menggema dan ngetren di indonesia beberapa tahun terakhir.bukan hanya dikalangan praktisi bisnis bahkan di universitas-universitas,akademi,dan lembaga pendidikan bisnis mulai memberikan perhatian serius dengan mengembangkan bakat dan
minat mahasiswa secara khusus melalui mata kuliah kewirausahawan untuk menyiapkan calon pengusaha dimasa depan dan "mengarahkan"mereka agar menjadikan wirausaha sebagai satu pilihan hidup.fenomena ini sangat positif.
Sebagai pilihan hidup maka seseorang harus menyiapkan segala sesuatu dengan baik agar hasil yang didapatkan dari satu keputusan yang dipilih benar-benar memuaskan atau dengan kata lain tidak ada penyesalan dikemudian hari apalagi sampai "menyalahkan" tuhan atas nasibnya yang mungkin saja ternyata berbeda dengan yang dibayangkan sebelumnya.
1.PERSIAPKAN MENTAL
"...sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan pada diri mereka sendiri..."(Ar-Ra'd:11)
Perubahan harus dimulai dari diri sendiri diiringi dengan keyakinan hati dengan cara pandang dan pola fikir yang kemudiaan diharapkan mampu mengubah tindakan dan prilakunya dalam konteks kewirausahawan,kesiapan mental adalah hal yang paling fundamental untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan terhadap rencana bisnis yang yang ditetapkan.
Mengapa demikian?
Karena memasuki dunia usaha akan selalu di hadapkan dengan berbagai tantangan dan resiko terutama tantangan yang terdapat diluar diri wirausahawan (eksternal) yang membawa efek bagi calon wirausawan (internal) situasi dan kondisi yang demilkian dinamis dan perubahan bisa terjadi dengan begitu cepat yang kemudian membawa dampak terhadap usaha yang kita jalankan.
2.PERSIAPKAN SIKAP DAN PRILAKU
Ariwibowo prijosaksono dan sri bawono dalam bukunya "The Power Of Entrepreneurial intelegencemenuliskan sedikit ada 3 unsur penting dalam membangun sikap dan prilaku entrepreneur dalam diri kita yakni:
-destiny (takdir)
-courage (keberanian)
-action (tindakan)
Takdir (destiny)sebenarnya lebih merupakan tujuan hidup,bukan nasib.
Denga memiliki tujuan hidup maka kita akan mengetahui kemana arah yang akan kita tuju dan itu akan menjadi cikal bakal penentuan takdir kita.
Tujuan dan misi hidup adalah fondasi awal untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses.
Dengan memiliki tujuan hidup (live purpose) yang jelas,maka akan melahirkan semangat dan sikap mental (Attitude) yang dibutuhkan dalam membangun usaha.
Sehingga impian besar akan mampu diraih pada akhirnya dapat memberikan nilai tambah dalam kehidupan untuk meningkatkan standar dan kualitas hidup.
Banyak sekali pemuda-pemudi yang mempunyai gagasan kreatif dan ide bisnis yang cemerlang,namun sering kali juga ide bagus tersebut tidak mampu mereka jalankan karena tidak adanya keberanian (courage) untuk memulainya karena takut menghadapi resiko kerugian atau kegagalan,sehingga kretifitas tersebut hanya menjadi angan-angan semata tanpa mampu direalisasikan.
Maka tidak ada jalan lain meraih kesuksesan.
Keberanian untuk melakukan dan mencoba (action) adalah hal yang mutlak.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Copyright © 2011. Kumpulan Berita Dan Info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger